https://www.tableau.com/

Langkah 6: Bangun Dasbor untuk Menampilkan Temuan Anda

Anda telah membuat empat lembar kerja, dan mereka menyampaikan informasi penting yang perlu diketahui oleh bos Anda. Sekarang Anda memerlukan cara untuk menunjukkan keuntungan negatif di Tennessee, North Carolina, dan Florida serta menjelaskan beberapa alasan mengapa keuntungan rendah.

Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan dasbor untuk menampilkan beberapa lembar kerja sekaligus, dan—jika Anda mau—membuat interaksi di antara mereka.

Mengatur Dasbor Anda

Anda ingin menekankan bahwa beberapa item yang dijual di beberapa tempat sedang berkinerja buruk. Grafik batang Anda tentang keuntungan dan tampilan peta Anda menunjukkan poin ini dengan baik.

  1. Klik tombol Dasbor Baru. Di panel Dasbor di sebelah kiri, Anda akan melihat lembar kerja yang telah Anda buat. Seret Sales in the South ke dasbor kosong Anda.
  2. Seret Profit Map ke dasbor Anda, dan lepaskan di atas tampilan Sales in the South.Tampilan Anda akan diperbarui untuk terlihat seperti ini:Dasbor dengan Profit Map dan lembar kerja Sales in the South.
Sumber : Step 6: Build a dashboard to show your insights – Tableau

Sekarang Anda dapat melihat kedua tampilan sekaligus! Tetapi sayangnya, diagram batang agak terkekang, yang tidak membantu bos Anda memahami data Anda.

Mengatur Dasbor Anda

Tidak mudah melihat detail untuk setiap item di bawah Sub-Kategori dari grafik batang Sales in the South Anda. Selain itu, karena kita memiliki peta dalam tampilan, mungkin kita tidak memerlukan kolom wilayah Selatan di Sales in the South juga.

Menyelesaikan masalah ini akan memberi Anda lebih banyak ruang untuk menyampaikan informasi yang Anda butuhkan.

  1. Pada Sales in the South, klik kanan di area kolom di bawah header kolom Region, dan hapus tanda centang pada Show header.Menu yang memiliki Show Header yang dipilih [Link ke gambar]Ulangi proses ini untuk header baris Kategori.Menu yang memiliki Show Header yang dipilih .

Anda sekarang telah menyembunyikan kolom dan baris yang tidak perlu dari dasbor Anda sambil tetap mempertahankan rincian data Anda. Ruang ekstra membuatnya lebih mudah untuk melihat data di dasbor Anda, tetapi mari segarkan lebih banyak lagi.

  1. Klik kanan judul Profit Map dan pilih Sembunyikan Judul.Judul Profit Map disembunyikan dari dasbor dan lebih banyak ruang diciptakan.Ulangi langkah ini untuk judul tampilan Sales in the South.
  2. Pilih kartu filter Sub-Kategori pertama di sisi kanan tampilan Anda, dan di bagian atas kartu, klik ikon Hapus Ikon Hapus Dari Dasbor.Ulangi langkah ini untuk kartu filter Sub-Kategori kedua dan salah satu kartu filter Tanggal Pesanan.
  3. Klik pada legenda warna Profit dan seret ke bawah di bawah Sales in the South.
  4. Terakhir, pilih sisa filter Tanggal Pesanan, klik panah drop-down-nya, dan kemudian pilih Mengambang. Pindahkan ke ruang putih di tampilan peta. Dalam contoh ini, ditempatkan di lepas pantai Timur, di Samudra Atlantik.Coba pilih tahun yang berbeda pada filter Tanggal Pesanan. Data Anda dengan cepat disaring untuk menunjukkan bahwa kinerja negara berbeda-beda dari tahun ke tahun. Itu bagus, tetapi itu bisa dibuat lebih mudah untuk dibandingkan.
  5. Klik panah drop-down di bagian atas filter Tanggal Pesanan, dan pilih Single Value (Slider).Tampilan Anda diperbarui untuk terlihat seperti ini:Dasbor dengan Profit Map dan lembar kerja Sales in the South dengan sedikit header kolom dan filter
Sumber : Step 6: Build a dashboard to show your insights – Tableau

Pelajari lebih lanjut: Membedakan objek Mengambang vs. Bertumpuk pada dasbor [Link ke gambar]

Sekarang dasbor Anda terlihat sangat bagus! Sekarang, Anda dapat dengan mudah membandingkan keuntungan dan penjualan berdasarkan tahun. Tetapi itu tidak begitu berbeda dari beberapa gambar dalam presentasi—dan Anda menggunakan Tableau! Mari buat dasbor Anda lebih menarik.

Periksa Pekerjaan Anda! Tonton “Mengatur Dasbor Anda” dalam tindakan

Sumber : Step 6: Build a dashboard to show your insights – Tableau

Tambahkan Interaktivitas

Tidak akan bagus jika Anda bisa melihat sub-kategori mana yang menguntungkan di negara-negara bagian tertentu?

  1. Pilih Profit Map di dasbor, dan klik ikon Gunakan sebagai filter di sudut kanan atas.
  2. Pilih sebuah negara bagian di wilayah Selatan pada peta.Grafik batang Sales in the South secara otomatis diperbarui untuk menunjukkan penjualan sub-kategori hanya di negara bagian yang dipilih. Anda dapat dengan cepat melihat sub-kategori yang menguntungkan.
  3. Klik area peta selain negara-negara bagian Selatan yang diwarnai untuk menghapus pilihan Anda.Anda juga ingin penonton dapat melihat perubahan keuntungan berdasarkan tanggal pesanan.
  4. Pilih filter Tanggal Pesanan, klik panah drop-down-nya, dan pilih Terapkan ke Lembar Kerja > Lembar Kerja yang Dipilih.Dalam kotak dialog Terapkan Filter ke Lembar Kerja, pilih Semua di dasbor, lalu klik OK.Opsi ini memberi tahu Tableau untuk menerapkan filter ke semua lembar kerja dalam dasbor yang menggunakan sumber data yang sama.

Jelajahi kinerja negara berdasarkan tahun dengan dasbor interaktif baru Anda!

Di sini, kami menyaring Sales in the South hanya untuk barang yang dijual di North Carolina, dan kemudian menjelajahi keuntungan tahun demi tahun.

Animasi menambahkan interaktivitas ke dasbor dengan menggunakan filter

Sumber : Step 6: Build a dashboard to show your insights – Tableau

2 Comments

Leave a Reply