https://www.tableau.com/

Langkah 4: Eksplorasi Data Secara Geografis

Anda telah berhasil membuat tampilan yang memungkinkan Anda melihat penjualan dan keuntungan produk selama beberapa tahun. Setelah meneliti penjualan dan profitabilitas produk di wilayah Selatan, sekarang saatnya mencari tren atau pola lebih lanjut di wilayah tersebut.

Karena data yang Anda lihat bersifat geografis (dengan bidang Region), Anda memiliki opsi untuk membuat tampilan peta. Tampilan peta sangat berguna untuk menampilkan dan menganalisis informasi semacam ini. Selain itu, tampilan peta terlihat keren!

Pada contoh ini, Tableau telah mengenali bidang Negara, Negara Bagian, Kota, dan Kode Pos sebagai data geografis dan telah menetapkan peran geografis yang sesuai. Ini memungkinkan Anda langsung membuat tampilan peta.

Pelajari lebih lanjut: Kenali peran geografis Tableau secara otomatis mengenali berbagai data geografis umum, seperti nama-nama negara bagian dan kota. Ketika data diidentifikasi sebagai tipe data geografis, Tableau secara otomatis menetapkan peran geografis ke bidang-bidang tersebut, membuatnya menjadi bidang geografis.

Bidang geografis ditandai dengan ikon bola dunia di Panel Data. Jika suatu bidang memiliki peran geografis, Tableau akan membuat tampilan peta ketika bidang tersebut ditambahkan ke Detail pada kartu Marks. Lebih lanjut tentang ini akan dijelaskan nanti.

Jika Tableau tidak mengenali data Anda sebagai data geografis, Anda masih bisa menetapkan peran geografis secara manual.

Ada beberapa peran geografis yang dapat dipilih:

  • Airport
  • Area Code
  • CBSA/MSA
  • City
  • Congressional District
  • Country/Region
  • County
  • NUTS Europe
  • State/Province
  • Zip Code/Postcode

Untuk melihat ini dalam tindakan, lihat animasi di bawah ini.

Animasi menunjukkan penugasan peran geografis manual pada beberapa bidang

Sumber : Step 4: Explore your data geographically – Tableau

Membuat Tampilan Peta

Mari memulai dengan lembar kerja baru.

  1. Klik ikon Lembar Kerja Baru di bagian bawah area kerja.

Tableau akan menyimpan lembar kerja sebelumnya Anda dan membuat lembar kerja baru sehingga Anda dapat melanjutkan eksplorasi data tanpa kehilangan pekerjaan Anda.

  1. Di Panel Data, klik dua kali bidang State untuk menambahkannya ke Detail pada kartu Marks.

Sekarang Anda sudah memiliki tampilan peta!

Animasi menunjukkan menambahkan bidang State ke Detail pada kartu Marks dengan mengklik dua kali

Sumber : Step 4: Explore your data geographically – Tableau

Pelajari lebih lanjut: Klik dua kali untuk menambahkan bidang geografis Karena Tableau tahu bahwa nama-nama negara bagian adalah data geografis dan karena dimensi State telah ditugaskan peran geografis State/Province, Tableau otomatis membuat tampilan peta.

Ada tanda untuk masing-masing dari 48 negara bagian di sumber data Anda. (Sayangnya, Alaska dan Hawaii tidak termasuk dalam sumber data Anda, sehingga mereka tidak dimetakan.)

Perhatikan bahwa bidang Country juga ditambahkan ke tampilan. Ini terjadi karena bidang geografis dalam Sampel – Superstore adalah bagian dari hirarki. Setiap tingkat dalam hirarki ditambahkan sebagai tingkat detail.

Selain itu, bidang Latitude dan Longitude ditambahkan ke rak Columns dan Rows. Anda dapat menganggap ini sebagai bidang X dan Y. Mereka sangat penting setiap kali Anda ingin membuat tampilan peta, karena setiap lokasi dalam data Anda diberikan nilai latitudinal dan longitudinal. Kadang-kadang bidang Latitude dan Longitude dihasilkan oleh Tableau. Kadang-kadang, Anda mungkin harus menyertakannya secara manual dalam data Anda. Sumber daya untuk mempelajari lebih lanjut tentang hal ini dapat ditemukan di Perpustakaan Pembelajaran.

Sekarang, meskipun memiliki tampilan peta yang keren yang memfokuskan pada 48 negara bagian, Anda ingin melihat apa yang terjadi di wilayah Selatan, bukan?

  1. Seret Region ke rak Filter, dan kemudian filter hanya ke Selatan. Tampilan peta akan memzoom ke wilayah Selatan, dan akan ada tanda untuk setiap negara bagian (total 11).

Sekarang Anda ingin melihat data yang lebih rinci untuk wilayah ini, jadi Anda mulai menyeret bidang lain ke kartu Marks:

  1. Seret ukuran penjualan ke Warna pada kartu Marks.

Animasi menunjukkan menyeret Penjualan ke Warna pada kartu Marks untuk membuat peta yang diisi warna setiap negara bagian berdasarkan penjualannya

Tampilan secara otomatis diperbarui menjadi peta yang diisi warna dan mewarnai setiap negara bagian berdasarkan penjualannya. Karena Anda sedang mengeksplorasi penjualan produk, Anda ingin penjualan Anda ditampilkan dalam USD. Klik bidang Sum(Sales) di rak Columns, dan kemudian pilih Format. Untuk Angka, pilih Mata Uang.

Setiap kali Anda menambahkan ukuran berkelanjutan yang berisi angka positif (seperti Penjualan) ke Warna pada kartu Marks, peta yang diisi warna Anda akan berwarna biru. Nilai negatif akan diberi warna oranye.

Terkadang Anda mungkin tidak ingin peta Anda berwarna biru. Mungkin Anda lebih suka hijau, atau data Anda bukan sesuatu yang seharusnya diwakili dengan warna biru, seperti kebakaran hutan atau kemacetan lalu lintas. Itu hanya akan membingungkan!

Tidak perlu khawatir, Anda dapat mengubah palet warna seperti yang Anda lakukan sebelumnya.

  1. Klik Warna pada kartu Marks, dan kemudian pilih Edit Warna.
  2. Pada contoh ini, Anda ingin melihat negara bagian mana yang berkinerja baik dan yang berkinerja buruk dalam penjualan.
  3. Pada daftar drop-down Palet, pilih Diverging Merah-Hijau, dan kemudian klik OK. Ini memungkinkan Anda melihat dengan cepat negara bagian yang berkinerja rendah dan tinggi.

Tampilan Anda diperbarui untuk terlihat seperti ini:

Sebuah peta dengan warna merah-hijau divergen berdasarkan penjualan total untuk negara bagian

Sumber : Step 4: Explore your data geographically – Tableau

Tetapi tunggu. Semuanya tiba-tiba menjadi merah! Apa yang terjadi?

Data tersebut akurat, dan secara teknis Anda dapat membandingkan negara bagian yang berkinerja rendah dengan yang berkinerja tinggi, tetapi apakah itu benar-benar cerita lengkap?

Apakah penjualan di beberapa negara bagian benar-benar begitu buruk, atau hanya ada lebih banyak orang di Florida yang ingin membeli produk Anda? Mungkin Anda memiliki toko yang lebih kecil atau lebih sedikit di negara bagian yang tampak merah. Atau mungkin kepadatan penduduk lebih tinggi di negara bagian yang tampak hijau, sehingga ada lebih banyak orang yang membeli barang Anda.

Bagaimanapun juga, tidak mungkin Anda ingin menunjukkan tampilan ini kepada bos Anda karena Anda tidak yakin data tersebut menceritakan kisah yang berguna.

  1. Klik ikon Batalkan di toolbar untuk kembali ke tampilan biru yang bagus.

Masih ada masalah warna. Semuanya terlihat bagus, itulah masalahnya!

Mengingat sekilas, tampaknya Florida yang paling baik. Mengarahkan kursor pada tanda mengungkapkan total penjualan sebesar 89.474 USD, dibandingkan dengan South Carolina, misalnya, yang hanya memiliki penjualan sebesar 8.482 USD. Namun, apakah ada negara bagian di Selatan yang menguntungkan?

  1. Seret Profit ke Warna pada kartu Marks untuk melihat apakah Anda dapat menjawab pertanyaan ini.

Sebuah peta dengan warna divergen biru-orange berdasarkan keuntungan total untuk negara bagian

Sumber : Step 4: Explore your data geographically – Tableau

Sekarang itu lebih baik! Karena keuntungan seringkali terdiri dari nilai positif dan negatif, Tableau secara otomatis memilih palet warna Diverging Orange-Blue untuk dengan cepat menunjukkan negara-negara bagian dengan keuntungan negatif dan negara-negara bagian dengan keuntungan positif.

Sekarang jelas bahwa Tennessee, North Carolina, dan Florida memiliki keuntungan negatif, meskipun tampaknya mereka baik-baik saja—bahkan hebat—dalam Penjualan. Tetapi mengapa? Anda akan menjawab itu pada langkah berikutnya.

Periksa pekerjaan Anda! Tonton “Buat tampilan peta” dalam aksi di bawah ini

Sumber : Step 4: Explore your data geographically – Tableau

2 Comments

Leave a Reply