https://www.tableau.com/

Langkah 3: Fokuskan Hasil Anda

Anda telah membuat tampilan penjualan produk yang diuraikan berdasarkan kategori dan sub-kategori. Anda mulai mendapatkan informasi, tetapi itu adalah banyak data untuk disortir. Anda perlu dengan mudah menemukan titik data yang menarik dan fokus pada hasil tertentu. Nah, Tableau memiliki beberapa opsi hebat untuk itu!

Filter dan warna adalah cara Anda dapat menambahkan fokus lebih pada detail yang menarik bagi Anda. Setelah Anda menambahkan fokus pada data Anda, Anda dapat mulai menggunakan fitur-fitur lain dari Tableau Desktop untuk berinteraksi dengan data tersebut.

Tambahkan Filter ke Tampilan Anda

Anda dapat menggunakan filter untuk menyertakan atau mengesampingkan nilai-nilai dalam tampilan Anda. Pada contoh ini, Anda memutuskan untuk menambahkan dua filter sederhana ke lembar kerja Anda untuk memudahkan melihat penjualan produk berdasarkan sub-kategori untuk tahun tertentu.

  1. Dalam Panel Data, klik kanan Order Date dan pilih Show Filter.
  2. Ulangi langkah di atas untuk bidang Sub-Category.
Sumber : Step 3: Drag and drop to take a first look – Tableau

Filter ditambahkan di sebelah kanan tampilan Anda sesuai dengan urutan yang Anda pilih. Filter adalah jenis kartu dan dapat dipindahkan di kanvas dengan mengklik filter dan menyeretnya ke lokasi lain dalam tampilan. Saat Anda menyeret filter, garis muncul yang menunjukkan di mana Anda dapat meletakkan filter untuk memindahkannya.

Sumber : Step 3: Drag and drop to take a first look – Tableau

Tambahkan Warna ke Tampilan Anda

Menambahkan filter membantu Anda menyortir semua data ini—tapi wow, itu banyak warna biru! Saatnya melakukan sesuatu.

Saat ini, Anda melihat total penjualan untuk berbagai produk Anda. Anda dapat melihat bahwa beberapa produk memiliki penjualan yang konsisten rendah, dan beberapa produk mungkin menjadi kandidat baik untuk mengurangi upaya penjualan untuk garis produk tersebut. Tetapi bagaimana dengan profitabilitas keseluruhan untuk produk Anda yang berbeda? Seret Profit ke Warna untuk melihat apa yang terjadi.

  1. Dari Panel Data, seret Profit ke Warna pada kartu Marks.

Dengan menyeret profit ke warna, sekarang Anda melihat bahwa Anda memiliki profit negatif pada kategori Tables, Bookcases, dan bahkan Machines. Wawasan lain terungkap!

Catatan: Tableau secara otomatis menambahkan legenda warna dan memberikan palet warna yang berbeda karena data Anda mencakup nilai negatif dan positif.

Pelajari lebih lanjut: Bekerja dengan warna Menambahkan warna meningkatkan visualisasi Anda secara visual, tetapi juga dapat membuat data menarik lebih menonjol. Tableau menggunakan palet warna default untuk memberikan warna pada produk dalam tampilan Anda, tetapi Anda tidak terbatas pada palet warna tersebut. Anda punya pilihan!

Jika Anda ingin menggunakan warna yang berbeda dengan yang ditunjukkan, Anda dapat mengubah warna atau palet warna kapan saja. Cukup klik Warna pada kartu Marks, lalu klik Edit Warna. Anda dapat memilih palet warna yang berbeda dalam dialog Edit Warna yang terbuka.

Sumber : Step 3: Drag and drop to take a first look – Tableau

Catatan: Tutorial Mulai menggunakan palet warna default.

Tergantung pada data dalam tampilan Anda, dialog Edit Warna mungkin menunjukkan palet warna diverging dibandingkan dengan palet warna kategoris.

Palet warna diverging terlihat seperti gambar di bawah ini. Palet warna diverging umumnya ditugaskan ke bidang kontinu.

Jika Anda menggunakan legenda, mungkin terlihat seperti gambar di bawah ini. Palet warna kategoris seperti ini umumnya ditugaskan ke bidang diskrit.

Animasi menunjukkan menyeret Profit ke Warna pada kartu Marks.

Temukan Wawasan Utama

Seperti yang Anda pelajari, Anda dapat menjelajahi data Anda saat Anda membuat tampilan dengan Tableau Desktop. Menambahkan filter dan warna membantu Anda memvisualisasikan data Anda dengan lebih baik dan dapat mengidentifikasi masalah dengan cepat.

Langkah berikutnya adalah berinteraksi dengan tampilan Anda sehingga Anda dapat mulai membuat kesimpulan.

Mengamati tampilan Anda, Anda melihat bahwa ada beberapa produk yang tidak menguntungkan, tetapi sekarang Anda ingin melihat apakah produk ini tidak menguntungkan dari tahun ke tahun.

Saatnya menggunakan filter untuk melihat lebih dekat.

  1. Di tampilan, di kartu filter Sub-Category, hapus semua tanda centang kecuali Bookcases, Machines, dan Tables.

Sekarang Anda dapat melihat bahwa, dalam beberapa tahun, Bookcases dan Machines menguntungkan. Namun, akhir-akhir ini Machines tidak menguntungkan. Sementara Anda telah membuat penemuan penting, Anda ingin mengumpulkan lebih banyak informasi sebelum mengusulkan tindakan kepada atasan Anda.

Dengan intuisi, Anda memutuskan untuk memecah tampilan Anda berdasarkan region:

  1. Pilih Semua di kartu filter Sub-Category untuk menunjukkan semua sub-kategori lagi.
  2. Dari Panel Data, seret Region ke rak Baris dan letakkan di sebelah Sum(Sales).

Tableau membuat tampilan dengan beberapa sumbu yang dibagi berdasarkan region.

Sumber : Step 3: Drag and drop to take a first look – Tableau

Sekarang Anda dapat melihat penjualan dan profitabilitas berdasarkan produk untuk setiap region. Dengan menambahkan region ke tampilan dan memfilter Sub-Category untuk Machines saja, Anda perhatikan bahwa mesin di wilayah Selatan melaporkan profit negatif secara keseluruhan lebih tinggi daripada di wilayah lainnya. Anda menemukan wawasan tersembunyi!

Tampilan ini sangat mencakup pekerjaan Anda sejauh ini. Pilih Semua di kartu filter Sub-Category (jika Anda mengubah filter Anda), beri nama lembar kerja, dan tambahkan judul.

  1. Di sudut kiri bawah area kerja, klik dua kali Sheet 1 dan ketik “Penjualan berdasarkan Produk/Region.”

Anda memilih untuk fokus pada analisis Anda di Selatan, tetapi Anda tidak ingin kehilangan tampilan yang telah Anda buat. Di Tableau Desktop, Anda dapat menduplikat lembar kerja Anda untuk melanjutkan dari mana Anda tinggalkan.

  1. Di buku kerja Anda, klik kanan lembar kerja Penjualan berdasarkan Produk/Region dan pilih Duplikat.
  2. Ganti nama lembar kerja yang diduplikat menjadi “Penjualan di Selatan.”

Di lembar kerja baru Anda, dari Panel Data, seret Region ke rak Filter untuk menambahkannya sebagai filter di tampilan.

Di kotak dialog Filter Region, hapus semua tanda centang kecuali Selatan, lalu klik OK.

Tampilan Anda diperbarui seperti gambar di bawah ini.

Sekarang Anda dapat fokus pada penjualan dan profit di Selatan. Anda segera melihat bahwa penjualan mesin memiliki profit negatif pada tahun 2018 dan lagi pada tahun 2021. Ini pasti sesuatu yang perlu diselidiki!

Simpan pekerjaan Anda dengan memilih File > Simpan Sebagai. Beri nama buku kerja Anda, misalnya “Penjualan dan Profit Regional.”

Sumber : Step 3: Drag and drop to take a first look – Tableau

Animasi yang menunjukkan penyesuaian untuk Bookcases, Machines, dan Tables pada filter; menyeret Region ke rak Baris; dan memfilter hanya pada Sub-Category Machines. Ringkasan Langkah Dalam langkah ini, Anda menggunakan filter dan warna untuk memudahkan pengolahan data Anda. Anda juga mempelajari beberapa fitur menarik yang ditawarkan Tableau untuk membantu Anda menjawab pertanyaan kunci tentang data Anda. Anda belajar cara:

  1. Menggunakan filter dan warna untuk memudahkan fokus pada area data Anda yang paling menarik.
  2. Berinteraksi dengan grafik Anda menggunakan alat yang disediakan oleh Tableau.
  3. Menduplikat lembar kerja dan menyimpan perubahan Anda untuk terus menjelajahi data Anda dengan cara yang berbeda tanpa kehilangan pekerjaan Anda.

Setelah menjelajahi data Anda di Tableau Desktop, Anda telah mengidentifikasi area kekhawatiran. Anda tahu penjualan dan profit di Selatan merupakan masalah, tetapi Anda belum memiliki solusi. Anda ingin melihat faktor lain yang mungkin menyumbang pada hasil ini. Selanjutnya, Anda akan memanfaatkan fitur kunci lain di Tableau untuk bekerja dengan data geografis.

2 Comments

Leave a Reply